Edward Newgate

Edward Newgate a.k.a : Whitebeard / Shirohige
Buah Iblis : Gura Gura
Harga buruan : belum ada konfirmasi, tapi seorang yonkou setidaknya melebihi Enel (500jtb)

Edward Newgate, atau yang lebih dikenal dengan Whitebeard, adalah Kapten dari Kelompok Bajak Laut Shirohige / Whitebeard. Dia dijuluki sebagai “OrangTerkuat di Dunia” dan “Orang yang Paling Dekat dengan One Piece“. Whitebeard juga menyandang nama besar sebagai salah satu dari Empat Bajak Laut yang menguasai New World yang lebih dikenal dengan julukan “Yonkou“. Dalam usahanya menyelamatkan Ace, Whitebeard mendapatkan banyak serangan mematikan dari sekian banyak musuh. Dan saat terakhirnya di dunia tiba saat seluruh anggota dari Bajak Laut Blackbeard menyerangnya.
Penampilan

Perbandingan Whitebeard – Marco

Whitebeard muda adalah seorang pria tanpa bekas luka di dadanya. Kumisnya putih dengan bentuk bulan sabit yang akhirnya menjadi ciri khas dan nama panggilannya tumbuh dalam perkembangan usianya. Pada usianya yang ke 52, dia mengenakan topi Bajak Laut berwarna kuning-biru dengan logo Jolly Roger yang menutupi bandana merah-hitam dan rambut kuning panjang bergelombang.

Whitebeard punya wajah yang memanjang, dan karena umurnya, banyak kerutan yang tampak di sekitar matanya. Dia adalah seorang manusia (bukan campuran raksasa) dengan tubuh yang sangat besar, sekitar lima kali dari besar manusia normal. Berbeda dengan “Orang Besar” lainnya, tubuh Whitebeard sangat proporsional dengan sangat berotot. Whitebeard punya banyak luka di dadanya dan seperti seluruh anak buahnya, dia memiliki tato logo bajak laut Whitebeard di punggungnya.

Whitebeard menggunakan bandana hitam di kepalanya dan menggunakan Jubah Kapten Bajak Laut berwarna putih yang hanya disampirkan di pundaknya. Seringkali dia terlihat bertelanjang dada. Celananya yang kombor dimasukkan ke sepatu dan kain berwarna gelap melingkar di pinggangnya seperti umumnya yang digunakan bajak laut lain. Bila sedang tidak bertarung, Whitebeard biasanya menggunakan tabung oksigen dan tubuhnya terhubung dengan beberapa mesin sensor, mengingat usianya yang sudah tak lagi muda.

Dalam Perang Marine Ford, Whitebeard kehilangan mata kiri dan sebagian kumisnya. Tetapi, selama 72 tahun kehidupannya, dia sama sekali tak pernah mendapatkan luka di punggungnya karena dia tak pernah lari dari sebuah pertarungan.
Kepribadian

Edward Newgate pada masa mudanya terlihat sebagai orang yang menyenangkan dan sangat perhatian. Tidak seperti teman satu kapalnya yang lain yang suka kekayaan dan harta, Whitebeard hanya berharap bisa mendapatkan keluarga dan menganggap hal itu sebagai harta yang tak bisa dibandingkan dengan apapun.

Kekuasaannya di lautan, reputasi dan kekuatan yang luar biasa sepertinya membuat dia terlalu pecaya diri dan menjadi tak kenal takut (Whitebeard menganggap Para Admiral, Para Shichibukai, dan Yonkou yang lain sebagai “pengganggu”). Pertama kali diperkenalkan, Whitebeard terlihat sebagai orang yang tak mau menanggapi peringatan dari orang lain, hal ini terlihat bagaimana dia menolak masukan dari suster-susternya dan tak menanggapi peringatan yang diberikan Shanks kepadanya tentang Blackbeard. Tetapi, pada perkembangan cerita digambarkan bahwa ternyata dia adalah seorang pemikir, seorang yang sombong tetapi memiliki dasar yang kuat dalam setiap tindakannya. Tetapi, meskipun orang lain melihat dia sebagai orang terkuat di dunia, sebenarnya Whitebeard sadar bahwa dia hanyalah seorang manusia biasa yang suatu saat akan menemui kematian. Dia sadar bahwa masa muda adalah kunci masa depan, dan nyawa mereka (para pemuda yang dilindunginya) lebih berharga daripada nyawanya.

Satu hal yang bisa menenangkannya adalah dengan membawa dan mengajaknya minum ketika ingin mengajak berbicara, dan akan lebih baik bila minumannya yang berkualitas atau harganya mahal, seperti yang terlihat ketika dia sedang membicarakan hal penting bersama Shanks, Roger, maupun Shiki. Meskipun hal ini tak akan memastikan hasil pembicaraan sesuai dengan harapan yang mengajak bicara.

Filosofi kehidupannya adalah bahwa apapun jalan hidup yang dipilih seseorang adalah hal yang baik, selama orang itu tak hidup untuk menyesali keputusan yang telah dibuatnya. Sikap apapun yang dipilih seseorang akan dihargainya, termasuk ketika dia ditusuk oleh Squardo. Dan Whitebeard dengan mudah memaafkannya ketika tahu bahwa Squardo hanyalah korban dari hasutan Akainu.

Sikap Whitebeard yang paling dihargai oleh para kru bajak lautnya dan bahkan oleh bajak laut lain yang kemudian dimanfaatkan oleh Angkatan Laut adalah penghargaannya kepada anggota kru yang sudah dianggap sebagai anaknya sendiri. Hal ini dijelaskan dalam cerita Perang Marine Ford. Angkatan Laut memanfaatkan sikap itu untuk memaksa Whitebeard datang ke Markas Besar Angkatan Laut demi menyelamatkan Ace. Contoh lainnya adalah dengan menghajar Blackbeard hingga hampir kehilangan nyawanya untuk membalaskan kematian Thatch. Tetapi sikap ini bisa berubah dengan adanya pertimbangan lain, seperti ketika dia melarang Ace mengejar Blackbeard karena dia merasakan firasat buruk. Sama dengan Roger, Whitebeard juga memagang prinsip bahwa seorang anak tidak seharusnya menanggung kesalahan orang tuanya. Hal ini dikatakan pada Squardo yang menusuknya dengan salah satu alas an bahwa Whitebeard menyembunyikan fakta bahwa Ace adalah anak Roger, padahal Roger adalah orang yang bertanggungjawab atas terbunuhnya semua anak buah Squardo di masa lalu.
Hubungan
Anggota Bajak Laut Whitebeard

Whitebeard menganggap semua kru bajak lautnya, dan seluruh anggota aliansinya sebagai “anak”. Besarnya perhatian pada kru dan anggota aliansinya sudah dimilikinya sejak masih muda. Sejak awal, Whitebeard lebih menginginkan memiliki keluarga daripada harta karun yang berlimpah. Hal ini sudah sangat diselami oleh masing-masing krunya sehingga dia dipanggil “Ayah”. Pada kasus Blackbeard-Ace, hal yang membuat Ace tetap pergi mengejar Blackbeard meskipun sudah dilarang oleh Whitebeard adalah untuk menjaga harga diri dan nama Whitebeard.

Dengan dasar “keluarga” pula Whitebeard mengaku kalau dialah yang meminta Ace mengejar Blackbeard yang langsung ditambah oleh Marco kalau seluruh dunia tahu apa yang terjadi bila ada yang mencari masalah dengan kru Whitebeard. Hal ini semakin meyakinkan bahwa sikap Whitebeard yang menghargai kru sebagai keluarga sudah diturunkan pada anggota bajak lautnya.
Aliansi Bajak Laut Whitebeard

Whitebeard memiliki banyak sekali aliansi di New World. Mereka semua adalah bajak laut yang kuat dan terkenal, beberapa diantaranya adalah “Bohemian Knight” Doma, “Thunder Lord” McGuy, the Decalvan Brothers, “Great Whirlpool Spider” Squardo, Oars Jr., dan “Ice Witch” Whitey Bay. Whitebeard memperlakukan mereka semua sama seperti memperlakukan anggota krunya.

Karena tindakannya sebagai yang melindungi Pulau Fishman, Whitebeard dihargai sebagai seorang pahlawan oleh banyak manusia ikan, dan Jinbei adalah salah satunya.

Whitebeard sepertinya juga terlihat menghargai Luffy setelah mendengar cerita tentang Luffy dari Ace dan Shanks. Ace menceritakan betapa senangnya dia setelah tahu kalau Luffy sudah berada di Grand Line, sementara Shanks menyatakan kalau dia menyerahkan tangannya yang hilang demi “bertaruh pada Era Baru”. Dan setelah menunjukan semangat jiwa mudanya, akhirnya Luffy memperoleh kepercayaan Whitebeard yang kemudian meminta Marco untuk bertindak sebagai “bodyguard” Luffy. Bahkan Whitebeard mengatakan “tak akan memaafkan” Marco kalau Luffy sampai mati. Dan Whitebeard semakin menghargai Luffy ketika tanpa sadar mengeluarkan kemampuan “Haki tipe Sang Penakluk”nya yang menunjukkan potensi sejatinya, sampai-sampai seluruh kru bajak lautnya diminta untuk membantu Luffy sampai ke podium ekseskusi. Keputusan ini sempat membuat anak buahnya sendiri kaget. Saat itu pula Whitebeard “mengakui” keberadaan dan kekuatan Luffy dengan memanggilnya “Luffy si Topi Jerami”, bukan lagi “bocah” seperti di awal pertemuannya.

Luffy juga menghargai Whitebeard. Dia percaya bahwa siapapun yang disanjung oleh Ace pasti orang yang baik. Hal ini tampak ketika Luffy menangkal serangan Crocodile pada Whitebeard.

Tanpa memperhatikan bahwa Whitebeard dan Shanks pernah mengadu kekuatan, lawan terkuat Whitebeard adalah Shanks. Setelah kematian Whitebeard, Shanks pula yang melindungi anak buah Whitebeard dengan menghentkan peperangan dan Shanls pula yang memberikan pemakaman yang layak bagi Whitebeard dan Ace.
Lawan

Meskipun menjadi rival Gol D. Roger, Whitebeard lebih terlihat sangat menghargai Roger. Tak berapa lama sebelum kematiannya, Roger bertemu dengan Whitebeard untuk sekedar berbagi cerita di sebuah pulau dan bahkan menawarkan untuk memberitahu Whitebeard cara untuk bisa sampai ke Raftel. Penghargaan itu kemudian diwujudkan dengan mengangkat Ace sebagai anggota bajak lautnya karena dengan cara itu dia bisa melindungi Ace dari kejaran Pemerintah dan Angkatan laut.

Karena Yonkou tidak pernah berkumpul bersama, Yonkou yang lain dianggap sebagai lawan baginya dan anggota krunya. Di awal kemunculannya, dia menerima utusan Shanks yang mengirimkan sebuah surat untuk Whitebeard. Tanpa dibuka, surat itu dibuangnya dan menitipkan pesan pada Rockstar (si pembawa pesan) bahwa kalau Shanks ada perlu, dia diminta langsung bertemu dengan membawa minuman yang bagus. Dan pada puncaknya, Whitebeard menganggap Shanks sebagai anak ingusan seperti 22 tahun yang lalu saat masih menjadi kru Bajak Laut Gol D. Roger dan menganggap Shanks 100 tahun terlalu cepat untuk mengatur apa yang harus dilakukan Whitebeard.

Whitebeard juga memiliki banyak lawan selain para Yonkou dan Pemerintah Dunia. Banyak tahanan di penjara Impel Down tingkat paling bawah yang ingin membunuhnya atas dendam pribadi. Salah satunya adalah Crocodile. Lawan lainnya adalah Blackbeard, yang telah membunuh Thatch dan menangkap Ace. Dia mengatakan dengan jelas bahwa hanya Blackbeard-lah diantara krunya yang tidak diakui sebagai anak, sehingga Whitebeard yang tahu bahwa ajalnya sudah dekat berusaha membunuh Blackbeard sebelum ajal menjemputnya.

Meskipun musuh, Whitebeard menghargai Garp dan Sengoku. Dia memasukkan keduanya sebagai orang-orang yang mengenal lautan yang masih hidup hangga saat itu. Bahkan Silvers Rayleigh, Wakil Kapten Gol D. Roger sempat meneteskan air mata ketika Whitebeard meninggal.
Kekuatan dan Kemampuan

Whitebeard mempunyai julukan “Orang Paling Kuat di Dunia” atas kekuatan fisik yang tak memiliki bandingan dan nerupakan satu-satunya orang yang mampu mengimbangi Gol D. Roger dalam pertarungan.

Dia adalah salah satu dari Yonkou, empat bajak laut luar biasa yang menguasai wilayah New World. Reputasinya sangat besar sehingga pernyataan sederhananya saja tentang perlindungannya terhadap Pulau Fishman membuat perbudakan dan penjualan manusia ikan dan duyung terhenti (duyung dan manusia ikan menjadi barang langka dalam perdagangan manusia). Hal ini membuat seorang Whitebeard lebih efektif daripada perjanjian yang ditandatangani oleh Pemerintah Dunia 200 tahun silam.

Whitebeard juga seorang Bajak Laut besar yang membawahi 1600 orang bajak laut yang terbagi menjadi 16 Divisi. Sebagai bukti dari kebesaran namanya, Pemerintah Dunia mengumpulkan seluruh kekuatan Angkatan Laut dan Shichibukai untuk melawannya dalam Perang Marine Ford.

Beberapa contoh betapa kuatnya Whitebeard adalah ketika dia beradu kekuatan dengan Shanks yang masih muda, langit terbelah. Dia juga menghajar Akainu, melumpuhkan dua Raksasa Angkatan Laut yatu Ronse dan John Giant, masing-masing hanya dengan satu tangan. Dia juga menghentikan perahu besar Squardo dengan satu tangan.

Secara pertahanan, kekuatan Whitebeard ditampilkan ketika menerima serangan. Setelah ditusuk oleh Squardo, dia masih bisa bergerak dengan lincah. Belum lagi ketika dia ditusuk beramai-ramai oleh beberapa orang Angkatan Laut sekaligus. Akainu berhasil melukainya cukup parah dengan menghilangkan sebagian wajahnya, tetapi Whitebeard akhirnya gugur setelah dikeroyok oleh seluruh anggota bajak laut Blackbeard, meskipun bisa dibilang sebenarnya dia sudah menjadi makin lemah akibat akumulasi serangan yang diterimanya sejak awal peperangan berlangsung.

Selain kekuatan fisiknya yang luar biasa, Whitebeard juga memiliki kemampuan strategi yang cukup terasah. Seeperti yang diceritakan, 4 buah kapal utama bajak laut Whitebeard dilapisi getah Bakau Yarukiman sehingga bisa menyelam dan secara tiba-tiba muncul di tengah-tengah area Marine Ford.
Senjata

Whitebeard bertarung dengan menggunakan senjata berupa tombak dengan ujung berupa pedang yang bernama Bisento. Senjata ini berukuran besar, sesuai dengan penggunanya. Bisento memiliki gagang bermotif garis-garis melingkar dengan bagian pangkal berupa bulatan.

Dengan kemampuan dan kekuatan Whitebeard, Bisento mampu membelah langit ketika beradu dengan pedang Shanks dan seringkali digunakan dengan kedua tangan meskipun juga tidak mnutup kemungkinan untuk digunakan dengan satu tangan seperti ketika menangkis serangan dari John Giant. Bisento mampu menahan serangan magma Akainu tanpa meleleh atau mengalami kerusakan serius, meskipun kemungkinannya Whitebeard mengisinya dengan Haki Tipe Serangan.

Setelah kematian Whitebeard, Bisento dijadikan penanda makam Whitebeard, bersama dengan jubah bajak laut dan benderanya bersama makam Ace di sampingnya.
Haki

Dengan Haki Tipe Observasinya, Whitebeard mampu “melihat” semua serangan Ace, bahkan ketika sedang tidur. Dalam perang Marine Ford, Whitebeard sudah tahu ketika akan diserang Crocodile, tapi dia tidak beranjak karena dia juga tahu kalau Luffy datang untuk menahan serangan Crocodile itu.

Dengan Haki Tipe Serangannya, Whitebeard terlihat pernah memukul Ace hingga berdarah (padahal Ace pengguna Logia). Whitebeard juga memasukkan Haki Tipe Serangan ini ke Bisento sehingga menjadi lebih kuat dan bisa menahan magma dari Akainu tanpa meleleh. Bahkan Whitebeard mampu menghajar Akainu.
Buah Iblis

Whitebeard memakan buah iblis tipe Paramecia bernama ”Gura Gura” yang membuatnya bisa menghasilkan gempa dalam skala apapun dan dikatakan sebagai buah iblis tipe Paramecia terkuat. Menurut Sengoku, Whitebeard dikatakan mempunyai kekuatan untuk menghancurkan dunia.

Dengan kekuatan buah iblisnya, Whitebeard mampu menciptakan gempa dengan gerakan awal memecahkan udara seperti kaca. Gerakan ini diarahkan pada sasaran dan akan menghasilkan gempa. Pertama kali ditunjukkan, Whitebeard mengarahkannya pada tanah di bawah laut yang menghasilkan tsunami luar biasa besar. Dia juga terlihat mengarahkan gempanya pada tombak es Aokiji serta badan John Giant. Dengan kemampuan ini pula Whitebeard bisa membolak-balok tanah dengan gerakan awal seperti “menarik” udara.

Pada akhir hidupnya, kemampuan gempa ini “diambil” oleh Blackbeard. Tentang bagaimana bisa tubuh Blackbeard menerima dua kekuatan buah iblis dalam satu tubuh belum dijelaskan secara terperinci oleh Eichiro Oda, hanya saja dalam cerita Marco sempat memberikan kemungkinan yang terjadi adalah karena tubuh Marshall D. Teach (Blackbeard) yang tidak normal.Tentang bagaimana kekuatan gempa dari Whitebeard tersebut bisa terserap masuk ke tubuh Teach hingga kini masih belum dijelaskan oleh Odacchi Sang Pengarang. Dari beberapa pendapat yang beredar di luar, disertai dasar dari kata-kata Marco di Perang Marine Ford, bahwa tubuh Teach tidak normal. Menurut mereka, ketidak normalan itulah yang menyebabkan tubuhnya bisa menerima 2 kekuatan (atau lebih) Buah Iblis. Sayangnya ketidak normalan tubuh seperti apa yang dimiliki Teach belum dijelaskan oleh Odacchi. Dan menurutku, itu karena Teach memiliki kemampuan gravitasi, menyerap segalanya. Jadi bisa saja dia menguasai banyak kekuatan buah iblis yg lebih menyeramkan lagi.

Published in: on June 7, 2011 at 6:52 am  Comments (1)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://qidosh.wordpress.com/2011/06/07/edward-newgate/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentLeave a comment

  1. […] Edward Newgate […]


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: