Hubungan Sistem Informatika dan Komunikasi dengan Enterpreneurship

Sistem Informasi dan Komunikasi akan sangat membantu kita dalam memulai usaha, antara lain dapat menyusun, mengatur, dan mempelajari kondisi pasar. Misalnya, dapat menginspirasi bagaimana seharusnya seorang enterpreneur dalam sikap dan perilaku, bagaimana caranya berinovasi, membina kreatifitas, serta mengoptimalkan faktor-faktor yang ada baik dari dalam maupun luar usaha seperti bahan baku, sumber daya manusia, kendala, dan persaingan bisnis sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Seorang entrepreneur juga diwajibkan mampu bekerja secara maksimal dalam keadaan yang minimal. Setelah mengetahui hal tersebut kita dapat menyusun strategi apa yang cocok diterapkan, yaitu memanajemen keuangan, memanajemen pemasaran, dan dalam penggunaannya tersebut memiliki keunggulan masing-masing. Berikut penjelasannya:

  1. Manajemen Keuangan :

Analisis, strategi dan operasi yang berkaitan dengan resiko finansial. Memahami analisis investasi dan peluang untuk menarik sumber dana dari pasar modal, sesuai dengan kondisi bisnis nasional dan internasional. Sistem informasi dapat mempelajari juga pengetahuan dan wawasan manajemen keuangan yang dibutuhkan oleh pelaku bisnis sesuai dengan kebutuhannya, serta dapat digunakan rujukan teori keuangan terbaru dan kasus-kasus aktual yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi sebuah model penelitian bisnis.

  1. Manajemen Pemasaran :

Memahami konsep dan praktik pemasaran mulai dari apa itu pemasaran, apa manfaat pemasaran, dan bagaimana strategi kita dalam memasarkan produk agar bisa menguasai pangsa pasar. Marketing mix untuk produk dan jasa (Product, Price, Promotion, Place, Process, Physical Evidents and People), yaitu mempelajari bagaimana cara untuk memasarkan suatu produk lewat pengenalan produk, menentukan harga yang bersaing, menggunakan media promosi yang tepat dan menentukan lokasi yang strategis, memberikan layanan yang prima yang dapat memuaskan pelanggan untuk terciptanya pelanggan setia.Analisa SWOT atau Strength, Weakness, Opportunity, Threat, yaitu mempelajari situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari program atau organisasi di masa kini dan masa yang akan datang. Kita diharuskan mengetahui semuanya agar usaha yang kita jalankan tetap survive dan semakin berkembang. Strategi pemasaran yang adalah serangkaian tindakan terpadu menuju keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

The URI to TrackBack this entry is: https://qidosh.wordpress.com/2011/06/01/hubungan-sistem-informatika-dan-komunikasi-dengan-enterpreneurship/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: