Khasiat Beras Merah

Beras merah adalah jenis bahan makanan alamiah yang baik dengan kandungan lebih baik. Di dalam kulit ari beras merah terdapat kandungan vitamin, zat besi dan unsur-unsur lain yang amat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, bahan makanan ini perlu digalakkan dan diperluas penggunaannya. Patut dilakukan pengamatan dan pengkajian lebih lanjut dalam kegunaannya. Karena beras merah mengandung berbagai vitamin terutama vitamin B, zat galian, gizi lainnya serta kaya akan serat. Sudah terbukti khasiat dan manfaat kandungan dalam beras merah, contoh 1 gelas air tajin beras merah yang dicampur dengan berbagai dengan bahan lain, seperti madu, air perasan jeruk lemon, dan kurma berguna untuk mengatasi ambeien, gangguan pencernaan, impotensi, asma dan meningkatkan daya seksual serta peremajaan kulit.

Khasiat beras merah adalah menghaluskan kulit, mencegah dan mengatasi penyakit kulit, alergi kulit, liver, diabetes, pengerasan pembuluh darah, hypertensi, kurang darah, sakit pinggang, pegal pada bahu, reumatik persendian, mengatasi baal, meningkatkan nafsu makan, menguatkan organ tubuh, serta menguatkan stamina. Juga mengatasi sakit kepal, pusing, bimbang, suka tidur, cepat lelah, konsentrasi lemah, flu, dan mengatasi ketombe. Termasuk gangguan pencernaan, perut kembung, rabun mata, panas dingin, sembelit, beri-beri, dan lain-lain. Penggunaan beras merah tidak hanya disajikan sebagai nasi saja, tapi bisa juga difermentasikan agar mudah disajikan.

Cara pembuatan fermentasi beras merah menjadi bubuk yakni 500 gram beras merah dicuci lalu ditanak sebagaimana menanak nasi. Kemudian difermentasikan 5 gram bubuk ragi tape. Lalu masukkan nasi ke dalam panci dan tutup yang rapat simpan di tempat yang gelap selama 3 atau 4 hari. Setelah jadi tape, beras merah kemudian dijemur di bawah terik matahari, sambil dibolak-balik sampai benar-benar kering dan kemudian digiling atau ditumbuk rata dan menjadi bubuk tepung tape beras merah. Setelah jadi tepung tape beras merah simpan di dalam toples yang bersih dan kering. Dan simpanlah dalam lemari yang steril. Gunakan tepung tape beras merah untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit dengan dosis disesuaikan serta tambahkan bahan lainnya yang bisa mempercepat kesembuhan.

Published in: on May 29, 2011 at 2:26 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://qidosh.wordpress.com/2011/05/29/33/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: